Jumat, 05 November 2010

Litium


Atom Nomor: 3              Radius Atom: 152 pmAtom Simbol: Li             Titik Lebur: 180,5 CBerat atom: 6,941           Titik didih: 1342 CKonfigurasi elektron: [He] 2s1   

Amerika Oksidasi: 1

Sejarah
(Gr. lithos: batu) Ditemukan oleh Arfvedson tahun 1817. Lithium adalah yang paling ringan dari semua logam, dengan kepadatan hanya sekitar setengah dari air.Sumber
Ini tidak terjadi secara bebas di alam; gabungan, ditemukan dalam satuan kecil di hampir semua batuan beku dan dalam banyak mata air mineral. Lepidolite, spodumene, petalite, dan amblygonite adalah mineral lebih penting berisi itu.
Lithium saat ini sedang pulih dari air asin dari Searles Lake, di California, dan dari orang-orang di Nevada. deposito besar quadramene ditemukan di North Carolina. Logam ini diproduksi secara elektrolisa dari fusi klorida. Lithium keperakan dalam penampilan, seperti Na, K, dan anggota lainnya dari seri logam alkali. Bereaksi dengan air, tetapi tidak keras seperti natrium. Lithium menanamkan warna merah indah untuk api, tapi ketika logam luka bakar sangat, api adalah putih menyilaukan.


 Kengunaan
Sejak Perang Dunia II, produksi logam litium dan senyawanya telah meningkat sangat. Karena logam mempunyai panas spesifik tertinggi dari setiap elemen padat, telah ditemukan digunakan pada aplikasi transfer panas, namun bersifat korosif dan membutuhkan penanganan khusus. logam tersebut telah digunakan sebagai agen paduan, adalah kepentingan dalam sintesis senyawa organik, dan memiliki aplikasi nuklir. Ini peringkat sebagai pesaing utama sebagai bahan anoda baterai karena memiliki potensial elektrokimia yang tinggi. Lithium digunakan dalam gelas khusus dan keramik. Kaca untuk teleskop 200 inci di Mt. Palomar mengandung lithium sebagai bahan kecil. Lithium klorida adalah salah satu bahan yang paling lyproscopic dikenal, dan itu, serta bromida lithium, digunakan dalam sistem pengkondisian udara dan pengeringan industri. Lithium stearat digunakan sebagai pelumas semua tujuan dan suhu tinggi. senyawa lithium lain digunakan dalam sel kering dan baterai penyimpanan. karbida Lithium digunakan untuk pengobatan penyakit bipolar dan kondisi penyakit mental.


 Isotop litium yang paling umum dijumpai, memiliki tiga proton, tiga elektron dan tiga neutron .   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar