Rabu, 15 September 2010

Helium

Helium
No atom :2                  
Simbol atom: He             Titik didih :-272.2 oC
Berat atom  :4.00260      Titik beku :-268.9 oC
Elektron konfigurasi :1s2




         Helium sangat sedikit di bumi seperti hampir semua yang hadir selama dan segera setelah pembentukan bumi sejak lama telah hilang karena begitu ringan. Hampir seluruh helium yang tersisa di planet ini adalah hasil dari peluruhan radioaktif. Meskipun ada beberapa helium di atmosfer, saat ini isolasi dari sumber dengan pencairan dan pemisahan udara tidak normal ekonomi. Karena ini lebih mudah, dan murah, untuk mengisolasi gas dari gas alam tertentu. Konsentrasi helium dalam gas alam di Amerika Serikat setinggi 7% dan sumber-sumber baik lainnya termasuk gas alam dari beberapa sumber di Polandia. Hal ini biasanya tidak dilakukan di laboratorium dan helium tersedia secara komersial di silinder di bawah tekanan.

Ditemukan: oleh Sir William Ramsay di London, dan mandiri oleh PT Cleve dan N. Langlet A. di Uppsala, Swedia pada tahun 1895
 
Asal: Namanya berasal dari bahasa Yunani '' Helios, matahari
 
Keterangan:
       Gas tidak berwarna tidak berbau yang benar-benar tidak reaktif. Hal ini diambil dari sumur gas alam, beberapa di antaranya berisi gas yang 7% helium. Hal ini digunakan dalam menyelam laut dalam untuk balon dan, sebagai helium cair, untuk penelitian suhu rendah. Atmosfer bumi mengandung 5 bagian per juta dengan volume, sebesar 400.000.000 ton, tetapi tidak layak mengekstrak dari sumber ini pada saat ini.

      Helium digunakan secara luas sebagai perisai gas inert untuk las busur; sebagai gas pelindung dalam silikon tumbuh dan kristal germanium, dan di produksi titanium dan zirkonium. Hal ini juga digunakan sebagai media pendingin untuk reaktor nuklir, dan sebagai gas untuk terowongan angin supersonik. Campuran helium dan oksigen 80% 20% digunakan sebagai atmosfer buatan untuk para penyelam dan lainnya bekerja di bawah tekanan. Helium secara ekstensif digunakan untuk mengisi balon karena gas jauh lebih aman daripada hidrogen. Salah satu kegunaan helium terbesar baru-baru ini telah berlangsung selama pressurizing roket bahan bakar cair.



Isotop helium yang paling umum dijumpai, memiliki dua proton, dua elektron dan dua neutron .    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar